Begini Tips dan Cara Servis Kilometer Motor Yang benar !

Untuk melakukan servis kilometer pada motor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:




Ganti Oli dan Filter

Oli dan filter perlu diganti setiap mencapai jarak tempuh tertentu, biasanya sekitar 3.000 hingga 5.000 km tergantung pada jenis motor dan jenis oli yang digunakan. Pastikan untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrik motor.


Periksa Kondisi Ban

Periksa kondisi ban, termasuk kedalaman profil dan tekanan angin. Pastikan ban dalam kondisi yang baik untuk mencegah kecelakaan saat berkendara.


Periksa Kondisi Rantai

Periksa kekencangan dan keausan rantai. Jika rantai sudah terlalu kendor atau aus, segera ganti untuk mencegah kerusakan pada komponen lain.


Periksa Rem

Pastikan rem dalam kondisi baik dan berfungsi dengan baik. Periksa ketebalan kampas rem dan pastikan tidak ada kebocoran pada sistem rem.


Periksa Sistem Bahan Bakar

Periksa kondisi filter udara dan pastikan tidak ada kotoran atau debu yang masuk ke sistem bahan bakar. 


Periksa Kelistrikan

Periksa kelistrikan seperti lampu depan, lampu belakang, klakson, dan indikator lainnya. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik.


Periksa Sistem Pendingin

Pastikan sistem pendingin berfungsi dengan baik dan tidak ada kebocoran pada pipa atau radiator.


Lakukan Tune-up Mesin

Lakukan tune-up mesin seperti penggantian busi dan pengaturan karburator jika diperlukan.


Ganti oli dan filter oli

Ganti oli dan filter oli merupakan hal yang penting dalam servis kilometer motor. Oli dan filter oli yang kotor dapat memperburuk kinerja mesin motor, sehingga penting untuk menggantinya secara berkala. Biasanya, interval penggantian oli dan filter oli tergantung pada merek dan model motor, sehingga perlu dilakukan pengecekan pada buku manual motor.


Ganti busi

Pada servis kilometer, sebaiknya busi diganti untuk menjaga kinerjanya agar tetap optimal. Interval penggantian busi juga tergantung pada merek dan model motor.


Periksa rem

Rem merupakan komponen yang sangat penting pada motor, karena berhubungan dengan keselamatan pengendara. Pada servis kilometer, periksa kampas rem dan cakram rem, dan ganti jika sudah aus atau rusak.


Periksa rantai

Rantai yang kendor atau kotor dapat mempengaruhi kinerja motor dan juga membahayakan keselamatan pengendara. Pada servis kilometer, periksa ketegangan rantai dan kotoran yang menempel pada rantai, serta lakukan pelumasan jika diperlukan.


Periksa sistem kelistrikan

Sistem kelistrikan yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan berbagai masalah pada motor. Pada servis kilometer, periksa kondisi aki, kabel busi, dan sistem pengapian untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik.


Periksa suspensi

Suspensi yang aus atau kendor dapat mempengaruhi kenyamanan dan kestabilan motor. Pada servis kilometer, periksa kondisi suspensi dan ganti jika sudah aus atau kendor.


Periksa ban

Ban yang sudah aus atau kurang tekanan dapat membahayakan keselamatan pengendara. Pada servis kilometer, periksa tekanan ban dan kondisi tapak ban, serta ganti jika diperlukan.


Demikianlah beberapa hal yang perlu dilakukan pada servis kilometer motor. Pastikan untuk selalu melakukan servis kilometer secara berkala untuk menjaga kinerja dan keselamatan motor.


Semua hal di atas sebaiknya dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman dan terpercaya. Jangan lupa untuk selalu melakukan servis secara berkala sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrik motor untuk menjaga performa dan umur pakai motor.

LihatTutupKomentar